Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail – Untuk para pengguna smartphone yang masih bingung bagaimana cara mengganti password pada Gmail. Berikut ini akan membahas bagaimana cara mengganti password Gmail, baik melalui laptop maupun smartphone.

Pengguna perlu mengganti password Gmail secara berkala untuk menjaga keamanan akun Gmail dari peretas. Selain itu, dengan mengganti password secara berkala juga akan membuat pengguna lebih mengingat password yang dimiliki.

Pengguna juga dapat mengganti password Gmail jika dirasa password yang dimiliki saat ini terlalu rumit. Biasanya pengguna melakukan penggantian password karena sudah lama tidak pernah membuka Gmail lagi sehingga lupa dengan passwordnya.

Selain itu, setelah selesai menganti password jangan lupa untuk menambahkan keamanan yang lebih pada akun Gmail. Pada artikel ini juga akan membahas mengenai tips keamanan serta cara mengatasi lupa password.

Cara Ganti Password Gmail dengan Akses Laman Google

Cara Ganti Password Gmail dengan Akses Laman Google

Cara pertama yang dapat dicoba untuk mengganti password Gmail adalah dengan membuka halaman akun Google. Cara ini akan lebih mudah jika pengguna masih login akun Gmail pada perangkat yang digunakan. Namun, jika pengguna sudah lupa dengan kata sandi tidak perlu khawatir karena akan dibahas bagaimana caranya pada pembahasan berikut ini.

  1. Bukalah halaman website https://accounts.google.com dengan menggunakan browser. Akan lebih baik jika pengguna menggunakan browser Firefox atau Google Chrome.
  2. Setelah itu, login lah pada halaman tersebut dengan akun Google. Pada tahap ini, jika pengguna lupa dengan kata sandi akun yang digunakan klik opsi Lupa Password. Opsi ini terletak di bawah kolom login.
  3. Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke halaman baru dimana pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat Gmail. Masukkanlah alamat Gmail dan klik Next atau Berikutnya.
  4. Setelah itu akan terbuka halaman dimana pengguna akan diminta untuk memasukkan Kata Sandi atau Password lama. Password lama ini artinya pengguna diminta untuk memasukkan password yang digunakan sebelumnya. Sebelum pengguna mengganti password baru.
  5. Setelah itu, ikutilah alur proses yang harus dilakukan untuk dapat mengganti password. Ikutilah seluruh proses yang diberikan hingga selesai.

Hal ini perlu dilakukan karena pengguna perlu melakukan verifikasi bahwa akun tersebut memanglah milik kalian. Oleh karena itu, wajib untuk mengikuti seluruh proses serta isilah dengan benar dan sejujur-jujurnya.

Setiap langkah yang diberikan akan mempermudah pengguna untuk lanjut ke tahap proses berikutnya. Jika seluruh tahap dan proses telah diikuti dengan benar namun tetap tidak berhasil, pengguna dapat melakukan cara yang lainnya.

Pengguna dapat melakukan login ulang pada Gmail dan pilihlah opsi lain untuk dapat memulihkan akun. Pengguna nantinya akan diberikan beberapa pertanyaan sebelum dapat memulihkan akun.

Misalnya seperti alamat email pemulihan, nomor handphone pemulihan, kode keamanan, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi bahwa akun ini adalah milik kalian. Namun, hal ini tetap bergantung pada pengaturan Gmail yang pernah dilakukan sebelumnya.

Cara Ganti Password Gmail dengan Nomor HP Pemulihan

Cara Ganti Password Gmail dengan Nomor HP Pemulihan

Cara kedua yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan nomor handphone pemulihan. Hal ini hanya dapat berfungsi jika sebelumnya pengguna sudah pernah memasukkan nomor handphone pada akun Gmail.

Pengguna hanya perlu melakukan login pada halaman recovery account. Setelah itu, pilihlah opsi pemulihan dengan menggunakan nomor handphone. Untuk yang masih bingung, berikut ini tahapan cara bagaimana memulihkan akun dengan nomor hp.

  1. Bukalah halaman website https://accounts.google.com/signin/recovery dengan menggunakan browser. Gunakanlah browser yang baik seperti Google Chrome atau Firefox.
  2. Setelah itu, halaman akan menampilkan formulir baru. Pada form ini, pengguna akan diminta untuk mengisi nomor handphone. Isilah seluruh data yang diberikan dengan benar dan berhubungan dengan akun Gmail pengguna.
  3. Setelah itu, masukkan lah nomor handphone, dan klik pada tombol Send atau Kirim.
  4. Kemudian, Google akan mengirimkan pesan ke nomor handphone yang telah dimasukkan tadi.
  5. Cek lah pesan pada nomor tersebut. Dimana pesan tersebut berisikan sebuah kode dari Google. Jika dalam beberapa waktu pengguna masih belum mendapatkan pesan yang berisi kode, mintalah Google untuk melakukan pengiriman ulang. Pengguna dapat menekan opsi Kirim Ulang atau Resend.
  6. Jika sudah memiliki pesan berisi kode tersebut, kembali lah ke halaman Google tadi. Setelah itu, masukkan lah kode yang diberikan tadi dan klik pada tombol Selanjutnya atau Next. Kode yang didapatkan akan berupa 6 digit kode angka.
  7. Setelah itu, halaman akan menampilkan halaman ganti password. Pengguna dapat mengganti password pada halaman ini dengan mengisi password baru pada kolom yang telah disediakan. Halaman tersebut akan berisi dua kolom dimana pengguna harus memasukkan password baru sebanyak dua kali. Jangan lupa untuk membuat password yang sifatnya kuat namun mudah untuk diingat.

Cara Ganti Password Gmail dengan Pertanyaan Keamanan

Cara Ganti Password Gmail dengan Pertanyaan Keamanan

Cara selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan menjawab pertanyaan keamanan. Hal ini juga bergantung pada akun pengguna, apakah pengguna pernah memasukkan pertanyaan keamanan pada akun yang digunakan.

Pertanyaan keamanan ini terkait dengan pembuatan alamat Gmail. Cara ini dapat dijadikan sebagai alternative jika pengguna lupa password. Nah, berikut ini beberapa tahapan untuk mengganti password Gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan.

  1. Pertama, masuklah pada halaman website Google Recovery pada https://accounts.google.com/signin/recovery dengan menggunakan browser.
  2. Setelah itu, masukkan lah alamat Gmail yang dimiliki. Klik Next
  3. Selanjutnya, halaman akan meminta pengguna memasukkan password lama. Pada tahap ini, pengguna dapat menekan tombol Skip dan klik pada opsi Coba Pertanyaan Lain.
  4. Setelah itu skip lah langkah – langkah yang ada sampai pada halaman Pertanyaan Keamanan. Pertanyaan Keamanan yang diberikan ini terkait dengan proses pembuatan Gmail seperti tanggal ulang tahun, nama ibu, dan sebagainya.
  5. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk memasukkan nama bulan serta tahun pembuatan Gmail tersebut. Setelah itu klik Next atau Selanjutnya.
  6. Setelah itu, halaman akan menampilkan kolom untuk mengisi password baru. Pengguna dapat mengisi password baru yang diinginkan pada kolom tersebut.
  7. Selesai! Pengguna sudah dapat masuk ke akun Gmail yang dimiliki dengan menggunakan password baru tersebut.

Cara Ganti Password Gmail di HP

Cara Ganti Password Gmail di HP

Pengguna juga dapat melakukan penggantian password Gmail secara berkala. Hal ini juga terbilang bermanfaat untuk akun pengguna. Dengan mengganti password secara berkala, pengguna keamanan akun akan terjamin, pengguna dapat terus mengingat password akun.

Serta akun Gmail menjadi lebih terpelihara. Berikut ini cara yang dapat diterapkan untuk mengganti password Gmail dengan melalui smartphone.

  1. Pertama, buka lah aplikasi Gmail yang tersedia pada smartphone. Sebelumnya, pastikan pengguna telah melakukan login pada aplikasi Gmail tersebut. Jika belum, pengguna dapat login terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, tap pada opsi ikon tiga garis. Opsi ini terletak pada pojok kiri atas layar. Tekan opsi ini untuk membuka menu.
  3. Setelah opsi menu terlihat, scroll dan pilih pada opsi Setting atau Pengaturan.
  4. Lalu klik pada opsi Manage My Account.
  5. Kemudian, pilih lah menu Sign-in & Security. Setelah itu, lihat lah pada menu Password. Pengguna dapat mengubah password pada opsi tersebut.
  6. Masukkan lah kata sandi yang baru pada kolom New Password dan Confirmation New Password. Lalu klik Change Password atau Ubah Sandi.

Tips Membuat Password Gmail yang Aman

Tips Membuat Password Gmail yang Aman

 

Ketika membuat password baru, buatlah password yang mudah diingat namun sifatnya kuat. Pengguna dapat menggunakan beberapa cara untuk membuat password yang kuat sehingga keamanan akun dapat lebih terjamin.

Pengguna dapat membuat password yang kemungkinan besar hanya pengguna yang mengetahuinya. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat password Gmail yang bagus dan aman.

  • Gunakan lah kata yang mudah diingat serta karakter kecil yang tidak sulit.
  • Lakukan kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, serta karakter simbol. Namun perlu diingat jangan membuat yang terlalu sulit sehingga tidak mudah untuk diingat.
  • Jika terlalu sulit, pengguna minimal harus menggunakan huruf dan angka.
  • Password Gmail ini menggunakan minimal 8 karakter. Semakin panjang dan berkombinasi, maka password akan semakin kuat.
  • Gunakanlah kata yang tidak mudah ditebak. Jangan hanya menggunakan nama, alamat, tanggal lahir, nawa peliharaan, yang cenderung sangat mudah untuk ditebak.

Tips Untuk Mengamankan Akun Gmail

Akun Gmail merupakan akun yang penting karena biasanya terhubung ke banyak akun lain seperti sosial media. Pengguna biasanya melakukan login pada sosial media dengan menggunakan akun Gmail ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan akun Gmail sehingga akun sosial media juga akan lebih aman. Hal ini penting diterapkan, meskipun akun Gmail memang sulit diakses bahkan ketika pengguna lupa dengan passwordnya. Berikut ini tips untuk dapat mengamankan akun Gmail.

  • Tips pertama, lakukan Sign Out pada semua sesi Gmail. Lakukan hal ini secara berkala. Pada akun Gmail biasanya akan tampil perangkat yang telah login pada akun Gmail ini. Jika dirasa ada perangkat yang mencurigakan, Sign Out perangkat tersebut dengan melakukan tap pada perangkat.
  • Tips kedua, jika pengguna melakukan login Gmail pada perangkat teman atau kerabat, jangan lupa untuk melakukan Sign Out. Selain itu, pastikan orang tersebut dapat dipercaya.
  • Tips ketiga, setelah seluruh tips sebelumnya telah dilakukan, aktifkanlah pada opsi Two-Step Authentication Opsi ini merupakan opsi tambahan untuk perlindungan ganda pada akun Gmail sehingga tidak mudah untuk diretas. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Google Authenticator untuk menyimpan kode autentikasi akun Gmail.

Bagaimana Jika Gmail Tetap Tidak Dapat Diakses?

Untuk pengguna yang tetap tidak dapat mengakses Gmail, dapat mencoba cara terakhir ini. Selain itu, perlu diketahui bahwa cara pemulihan ini dapat dilakukan jika pengguna pernah mengatur keamanan akun pada proses pemulihan. Pengguna yang pernah mengatur metode pemulihan ini tentu akan lebih mudah dalam melakukan pemulihan. Cara lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Login akun Gmail.
  2. Pada kolom password, pilih pada opsi Lupa Password.
  3. Masukkan password terakhir yang diingat jika hal ini memungkinkan.
  4. Jika ponsel pernah terhubung pada akun Gmail, Google akan mengirim pesan pemberitahuan adanya login pada perangkat. Tekan Yes jika pemberitahuan ini muncul. Jika berhasil, pengguna sudah dapat mengatur ulang password.
  5. Jika ponsel tidak pernah terhubung, masukkan alamat Gmail pemulihan. Hal ini juga bergantung jika pengguna pernah memasukkan email pemulihan saat mendaftar dahulu.
  6. Jika masih tidak berhasil, klik pada opsi Coba Cara Lain.
  7. Jika berhasil, bukalah alamat email pemulihan tersebut. Google akan mengirim pesan kode pemulihan. Setelah itu pengguna hanya perlu melakukan konfirmasi pemulihan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mengganti password Gmail. Selain itu, terdapat pula beberapa tips dalam mengamankan akun. Semoga cara-cara bmbifest.id ini dapat membantu pengguna dalam mengatasi hal ini. Semoga bermanfaat!