Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja – Tentunya setelah menyelesaikan masa studi, setiap orang ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Bahkan beberapa orang sudah mulai bekerja part time meskipun sedang dalam masa sekolah.

Ada yang lebih memilih untuk mencari pekerjaan yang telah didambakan. Ada pula yang memilih untuk bekerja apa saja asalkan menghasilkan uang. Namun, tidak sedikit para pesaing yang ada untuk mendapatkan sebuah posisi atau pekerjaan tersebut.

Beberapa orang yang kalah bersaing harus mencoba melamar pekerjaan lagi di tempat lain. Bahkan beberapa orang tetap tidak mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, pemerintah berinisiatif untuk membantu para pencari pekerjaan ini.

Pemerintah membuat sebuah program yakni Kartu Prakerja. Kartu Prakerja ini ditujukan untuk orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan dan tidak sedang terikat dengan instansi.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Apa Itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan dan sedang tidak dalam masa pembelajaran. Pemerintah mengeluarkan Kartu Prakerja ini untuk membantu para pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Bantuan yang diberikan oleh Kartu Prakerja ini berupa pelatihan untuk peningkatan skill serta  sejumlah insentif.

Tentunya hal ini sangat membantu para pencari kerja agar skill dapat bertambah selama mencari pekerjaan baru. Pelatihan khusus yang diberikan pun sangat berguna dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Misalnya seperti menjahit, memasak, corel draw, edit video, dan sebagainya. Selain itu, insentif yang didapatkan juga terbilang lumayan. Pengguna dapat memanfaatkan insentif ini untuk membuka usaha sendiri atau digunakan untuk kebutuhan rumah yang tidak dapat terpenuhi.

Insentif ini diberikan oleh pihak Kartu Prakerja dalam kurun waktu tertentu. Berkat pelatihan dari Kartu Prakerja ini, pengguna dapat memiliki nilai tambah dan dapat lebih dilihat oleh perusahaan yang sedang diincar.

Hal ini juga dapat meningkatkan daya saing para pekerja untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan skill. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang didapatkan dari Kartu Prakerja ini.

Manfaat Dari Kartu Prakerja

Manfaat Dari Kartu Prakerja

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari Kartu Prakerja ini. Terutama sejak pandemi Covid 19 ini muncul. Banyak para pekerja yang terpaksa harus bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH).

Bahkan tidak sedikit pekerja yang terpaksa diberhentikan sejak pandemi ini muncul. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penularan virus, hingga karena pemasukan perusahaan yang minim sehingga tidak mampu untuk menggaji karyawan lagi.

Hal ini tentunya buruk bagi para pekerja yang diberhentikan karena beberapa dari mereka butuh untuk menghidupi keluarga. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan ini sangat lah membantu.

Terutama bagi masyarakat dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. Kartu Prakerja ini dapat menjadi solusi untuk masyarakat mendapatkan kursus secara gratis serta dana. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang dapat diambil dari Kartu Prakerja ini.

  1. Mendapatkan pelatihan kursus yang dapat meningkatkan skill secara gratis. Biaya pelatihan kursus ini seluruhnya ditanggung oleh pihak Kartu Prakerja serta perusahaan yang menyediakan pelatihan tersebut.
  2. Memberi informasi pelatihan kursus ini secara gratis ke seluruh masyarakat.
  3. Dapat meningkatkan kesempatan seseorang diterima di sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan skill seseorang tersebut telah meningkat berkat adanya kursus dari Kartu Prakerja. Selain itu, peluang pengguna dapat bekerja sesuai dengan bidang juga lebih besar.
  4. Untuk menyediakan pendidikan formal pada suatu bidang tertentu.

Keuntungan Dari Kartu Prakerja

Kartu Prakerja ini memiliki banyak keuntungan. Seperti yang telah diketahui bahwa pengguna akan mendapatkan pelatihan kursus serta sejumlah insentif. Sebelum itu, pengguna harus terdaftar terlebih dahulu pada Kartu Prakerja ini.

Pengguna yang telah terdaftar akan mendapatkan bantuan insentif sebesar 600 ribu rupiah per bulannya. Pengguna akan mendapatkan insentif ini selama 4 bulan.

Sehingga total insentif yang didapatkan selama 4 bulan sebesar 2,4 juta rupiah. Pengguna dapat memanfaatkan dana ini untuk berbagai hal. Misalnya seperti memperkaya wawasan serta skill pada diri untuk memperbesar peluang diterima kerja.

Namun, insentif ini hanya dana tambahan saja. Dana utama pada Kartu Prakerja ini adalah dana untuk pelatihan sebesar 1 juta rupiah dan diberikan dalam bentuk pelatihan kursus.

Pengguna dapat memilih pelatihan yang diinginkan, misalnya seperti membuat roti, design photo dan video, kursus bahasa inggris, bahasa pemrograman, dan sebagainya. Pelatihan ini diadakan secara online dan akan mendapatkan sertifikat online.

Selain itu, terdapat pula dana lain sebesar 150 ribu rupiah sehingga total dana yang didapat sebesar Rp3.550.000,-. Dana ini bertujuan untuk membantu perekonomian serta meningkatkan peluang diterima kerja dengan adanya sertifikat digital serta peningkatan skill dari pelatihan.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Pengguna yang ingin mendapatkan seluruh fasilitas Kartu Prakerja harus mendaftar terlebih dahulu. Pengguna harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini untuk mendaftar Kartu Prakerja.

Syarat yang dibutuhkan juga sangat mudah. Hanya ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yakni sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia

Syarat utama dari Kartu Prakerja ini adalah masyarakat wajib berasal dari negara Indonesia. Hal ini tidak dapat diganggu gugat lagi. Meskipun orang tersebut merupakan orang luar negeri yang telah lama tinggal di Indonesia.

Jika tidak memiliki identitas sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) maka tidak akan bisa mendaftar. Namun, jika orang luar negeri tersebut telah pindah menjadi WNI maka mereka dapat mendaftar pada Kartu Prakerja.

  1. Berusia Di Atas 18 tahun

Syarat berikutnya adalah pengguna wajib berumur di atas 18 tahun. Pengguna yang berusia 18 tahun atau di atas 18 tahun dapat mendaftar pada Kartu Prakerja ini.

Hal ini juga merupakan ketetapan karena masyarakat yang mencari pekerjaan biasanya berusia sekitar 18 tahun ke atas. Selain itu, pengguna juga sedang tidak menempuh pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi serta tidak sedang terikat instansi mana pun.

  1. Tidak Sedang Sekolah Atau Kuliah

Syarat terakhir adalah tidak berstatus sebagai orang yang sedang sekolah atau kuliah, baik SMA, universitas, atau akademi lainnya yang setara. Hal ini dikarenakan Kartu Pelajar dibuat untuk membantu orang yang sedang mencari pekerjaan sehingga pelajar tidak diperbolehkan untuk ikut mendaftar Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Daftar Kartu Prakerja

Jika pengguna telah memenuhi seluruh syarat tersebut, pengguna dapat lanjut ke tahap daftar Kartu Prakerja. Pengguna dapat mendaftarkan diri secara online dengan mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja.

Untuk pengguna yang belum mengerti bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja, dapat mencoba mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan berikut ini mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja.

  1. Kunjungi situs resmi dari Kartu Prakerja pada alamat prakerja.go.id. Pengguna dapat mengunjunginya menggunakan browser seperti Google Chrome, Firefox, Safari, dan sebagainya.
  2. Setelah halaman terbuka, klik pada tombol Daftar Sekarang untuk mulai membuat akun. Tombol Daftar ini dapat dilihat pada pojok kanan atas layar.
  3. Setelah itu, masukkanlah email serta password baru yang diinginkan untuk mendaftar dan klik Daftar.
  4. Setelah itu, lakukanlah verifikasi akun dengan membuka email yang telah didaftarkan tadi. Klik pada link yang diberikan pada email. Halaman nantinya akan menampilkan bahwa akun telah berhasil diverifikasi.
  5. Setelah itu, buka kembali halaman Kartu Prakerja tadi pada prakerja.go.id. Lalu klik pada tombol Masuk yang terdapat pada pojok kanan atas layar.
  6. Untuk masuk, halaman nantinya akan meminta nomor Kartu Keluarga (KK) serta NIK. Siapkanlah kedua berkas ini terlebih dahulu agar proses menjadi lebih lancar.
  7. Setelah itu, lengkapilah identitas diri pada form yang telah tersedia di halaman tersebut. Lengkapi dengan sebenar-benarnya.
  8. Setelah itu, ikutilah petunjuk yang tersedia untuk dapat membuat akun ini.
  9. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan Tes Online. Tes online ini berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.
  10. Klik pada tombol Gabung pada gelombang yang telah tersedia pada Kartu Prakerja.

Jika sudah, pengguna tinggal menunggu pengumuman mengenai hasil tes seleksi tersebut. Pengguna akan diberikan informasi kelulusan via SMS pada nomor hp yang telah dimasukkan pada form.

Oleh karena itu, pastikan nomor hp yang dimasukkan tidak salah. Pengumuman ini biasanya akan memakan waktu yang lama, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan.

Hal ini bergantung pada proses seleksi dari sistem Kartu Prakerja. Pengguna yang lolos nantinya akan mendapatkan arahan selanjutnya mengenai program Kartu Prakerja.

Namun, untuk para pengguna yang belum lolos jangan berkecil hati karena pengguna dapat mencoba program Kartu Prakerja lagi pada gelombang berikutnya. Program Kartu Prakerja ini memiliki sistem gelombang sehingga terdapat beberapa gelombang pada setiap pendaftaran.

Waspadalah Terhadap Penipuan Yang Mengatasnamakan Kartu Prakerja!

Seperti yang telah disebutkan bahwa program Kartu Prakerja ini sangat lah besar dan populer. Hal ini dikarenakan pengguna bisa mendapatkan uang secara cuma-Cuma hanya dengan mendaftarkan diri pada program Kartu Kerja. Tak heran jika banyak yang memanfaatkan program ini dengan berbuat curang serta menyalahgunakan program Kartu Prakerja ini.

Salah satu jenis penyalahgunaan program Kartu Prakerja ini adalah banyak orang yang membuat situs palsu. Pengguna membuat beberapa situs palsu Kartu Prakerja untuk meraup keuntungan secara pribadi.

Nama situs yang dibuat biasanya dibuat semirip mungkin dengan nama situs aslinya. Hal ini bertujuan agar pembuat situs dapat mengelabui pengguna, sehingga pengguna akan menekan link Kartu Prakerja palsu tersebut. Berikut ini beberapa contoh nama situs Kartu Prakerja yang palsu.

  • xyz
  • net
  • vip
  • kartu-prakerja.com
  • com
  • dan masih banyak lagi

Banyaknya kasus penipuan seperti itu akan terus memakan banyak korban. Oleh karena itu akan lebih baik jika masyarakat selalu waspada terhadap link-link palsu. Jangan langsung menekan link yang belum jelas kebenarannya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa link resmi dari Kartu Prakerja hanya lah www.prakerja.go.id. Selain dari link itu sudah dipastikan palsu. Pengguna juga harus memastikan keaslian halaman sebelum mengisi data diri pribadi.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai program Cara Daftar Kartu Prakerja. Pengguna yang telah memenuhi syarat di atas tentunya dapat mendaftar pada program Kartu Prakerja.

Pengguna sahabat bmbifest.id dapat memanfaatkan program ini untuk mengembangkan diri agar lebih mudah bersaing dalam dunia kerja. Semoga dengan adanya informasi mengenai Kartu Prakerja ini dapat bermanfaat serta berguna bagi calon pendaftar baru. Semoga bermanfaat!